img post thumbnail url
Articles
September 16, 2022 - Posted by

Beranjak menuju epidemi, perubahan situasi saat pandemi Covid-19 kian meningkat. Berawal dari, kebiasaan masyarakat yang berubah, hadirnya vaksin Covid-19, dan munculnya terapeutik Paxlovid Pfizer untuk penobatan Coronavirus.

Paxlovid Pfizer

Paxlovid merupakan pil antivirus oral yang digunakan untuk terapeutik Covid-19. Obat ini, ialah hasil pengembangan perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer.

Isi dari Paxlovid sendiri, yakni kombinasi antara obat antivirus ritonavir dan nirmatrelvir dan digunakan untuk pengobatan coronavirus bergejala ringan dan sedang. Antivirus ritonavir digunakan untuk memperlambat pemecahan nirmatrelvir sehingga membantunya tetap berada di dalam tubuh dalam waktu lebih lama pada konsentrasi lebih tinggi.

Selanjutnya, nirmatrelvir digunakan untuk menghambat protein SARS-CoV-2 sehingga dapat menghentikan replikasi virus. Meskipun demikian, hasil kombinasi kedua obat antivirus tadi tidak dapat diberikan pada pasien yang terpapar Covid-19 bergejala parah atau Kritis.

Karenanya, Paxlovid bukanlah pengganti vaksinasi ataupun booster. Melalui uji klinis, Pfizer menyatakan Paxlovid mampu melawan varian Covid-19 yang memiliki tingkat penularan tinggi.

Saat ini, penggunaan Paxlovid telah mendapatkan izin EUA (The Emergency Use Authotization) dari FDA (Food and Drug Administration). Perizinan ini, diberikan didasari dari uji klinis acak, double blind untuk pengobatan pasien dewasa terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala namun tidak dirawat di rumah sakit dan belum mendapatkan vaksin Covid-19.

Secara signifikan, Paxlovid dapat mengurangi proporsi rawat inap atau kematian sebesar 88%. Hingga saat ini, pengobatan Covid-19 melalui Paxlovid masih terus dievaluasi secara keamanan dan efektivitas,

Sejalan dengan itu, izin penggunaan Paxlovid di Indonesia telah diterbitkan oleh BPOM, yakni izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization sebagai pengobatan Covid-19. Berdasarkan hasil kajian BPOM Paxlovid aman digunakan dan dapat ditoleransi.

Kapan & Dosis Konsumsi Paxlovid?

Konsumsi Paxlovid dapat dilakukan segera setelah adanya gejala yang muncul pada orang berisiko tinggi atau dalam kurun waktu lima hari setelah gejala pertama. Hal ini dikarenakan Paxlovid serupa dengan antiviral lainnya, yang mana bekerja lebih baik jika dikonsumsi pada awal infeksi.

Dosis konsumsi Paxlovid sendiri, yakni tiga pil diminum dua kali sehari selama lima hari. Dalam hal ini, total pil yang dibutuhkan sejumlah 30 pil.

Paxlovid hanya dapat diminum oleh pasien berusia di atas 12 tahun dengan berat badan lebih dari 40kg dan memiliki risiko tinggi untuk infeksi parah atau seseorang yang memiliki komorbid.

Harga dan efek samping

Paxlovid Pfizer di Amerika Serikat dibanrol dengan harga eceran $25 atau berkisar Rp374.000. Selanjutnya, di Indonesia belum adanya informasi terkait harga eceran yang ditentukan oleh BPOM untuk Paxlovid.

Hasil pengujian efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi Paxlovid, di antaranya sebagai berikut.

  • Gangguan indera perasa (dysgeusia)
  • Diare
  • Tekanan darah tinggi
  • Nyeri otot

Walaupun efek samping yang dihasilkan Paxlovid cenderung ringan namun penggunaanya tidak dianjurkan untuk pasien dengan gangguan hati yang parah atau ginjal berat.

Pun, selain konsumsi Paxlovid untuk terapeutik Covid-19 masyarakat terus diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk upaya memutus penyebaran. Bahkan, BPOM mengingatkan pula untuk selalu bijak dan waspada dalam konsumsi obat-obatan baik tradisional serta suplemen kesehatan sehingga tidak mudah terpengaruh klaim mengobati atau mencegah Covid-19.

 

Reference

pom.go.id

Our Location

HEAD QUARTERS - JAKARTA

  • Kebon Jeruk Business Park Blok F2-5, Jl. Raya Meruya Ilir No.88, Meruya Utara, Jakarta Barat - 11620

CIKARANG OFFICE

  • CBD Jababeka Blok A-8 Jl. Niaga Raya Kav. AA3, Jababeka II Pasar Sari

SURABAYA OFFICE

  • Japfa Indoland Center, Japfa Tower II Lt. 8/810 Jl. Panglima Sudirman No. 66-68, Surabaya 60271

MEDAN OFFICE

  • Regus Forum Nine, 9th Floor Jl. Imam Bonjol No 9, Medan 20112

Get In Touch with Us

  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.