img post thumbnail url
Articles
Juli 22, 2022 - Posted by

Flow Cytometer adalah instrumen yang menggunakan teknologi flow cytometry. Lalu, teknologi flowcytometry sendiri ialah teknologi untuk menganalisis single sel atau partikel yang telah disuspensikan pada buffer dengan cara melawatkan pada pancaran sinar laser tunggal atau multiple laser dengan cepat.

Teknologi ini, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1968 oleh Wolfgang dari University of Mustar, Jerman dan dikomersilkan oleh German developer and manufacturer Partec through Phywe AG di Gottingen.

Umumnya, Flow Cytometry diaplikasikan di bidang klinis, penelitian, dan industri. Salah satu, contohnya digunakan untuk deteksi cemaran mikroba pada air, validasi, dan kontrol kualitas immunophenotyping. Bahkan, digunakan untuk mengevaluasi organel sel pada sel tumbuhan, deteksi HIV/AID melalui pengukuran banyak sel T-CD4 Fungsional dalam darah.

 

ATTUNE NxT FLOW CYTOMETER

Attune NxT Flow Cytometer diciptakan dengan berbagai inovasi yang memudahkan dalam menganalisis sel. Memiliki bentuk yang Compact dengan 4 laser yang terpisah dan memiliki hingga 14 panel yang mudah dirancang serta dianalisis.

  • Acoustic focusing untuk sensitifitas
  • Cepat dan hasil yang akurat
  • Aplikasi yang mudah digunakan
  • Optik yang mudah di rancang
  • Teknologi anti sumbatan
  • Kompatibel dengan biosafety hood

Acoustic focusing dirancang dan dikembangkan untuk menghilangkan gangguan yang terkait dengan flow cytometry. Kemampuan evolusioner dari Attune NxT Flow Cytometer menawarkan opsi konfigurasi optik yang dapat disesuaikan, sehingga mendapatkan hasil maksimal dari analisis multi  Channels.

Attune NxT Flow Cytometer  mengkombinasikan gelombang ultrasonik, seperti yang digunakan dalam alat kesehatan, yaitu hydrodynamic focusing untuk mengakuratkan posisi menjadi singel sel yang tepat berada di bagian tengah tabung.

Hal ini berguna, karena dapat dengan baik mengenai sinar laser. Acoustic focusing membantu menganalisis dengan tingkat akurasi yang tinggi.

acousting focusing flow cytometer

Acoustic Focusing (kiri) memfokuskan sel walau pada kecepatan yang tinggi dan meminimalisasi hasil yang bias dan data yang lebih baik.

Traditional hydrodynamic focusing (kanan) sel melawati sinar laser dengan tidak teratur sehingga data yang didapatkan kurang akurat.

Cepat dan Akuisisi yang Akurat Acoustic focusing dapat memberikan data yang akurat dengan cepat. Kecepatannya dapat diatur mulai 12.5 µL/min hingga 1,000 µL/min dengan jumlah sel hingga 35.000 sel per detik.

Tentunya, hal ini lebih cepat 10x lipat dibandingkan dengan sistem tradisional hydrodynamic focusing. Sebab itu, dapat memproses sampel dengan konsentrasi rendah hingga tinggi dengan cepat dan lebih akurat.

attune nxt thermo scientificPerbandingkan waktu yang dibutuhkan untuk menganalisis 1000 sel dari 3 instrumen yang berbeda dengan kecepatan maksimum.

Dengan waktu yang lebih cepat dapat memudahkan dalam menganalisis sampel dengan intensitas yang tinggi. Data yang di dapatkan dari kecepatan tertinggi dan rendah tidak ada perbedaan, hal tersebut menandakan analisis sampel yang baik dengan adanya teknologi Acoustic focusing.

Hasil yang konsisten didapatkan pada kecepatan sel yang berbeda pada sampel sel jurkat dan sel dengan pewarnaan propidium iodide dengan konsentrasi sel 1x  cells/mL.

Jumlah event flow cytometer

 

Untuk itu, instrumen flow cytometer dapat membantu Anda dalam kemudahan analisis. Anda berminat memiliki instrumen flow cytometer satu ini? sila hubungi GeneCraft Labs melalui email kami sales@genecraftlabs.com

Sebagai distributor laboratorium di Indonesia, team kami dapat membantu  memenuhi perlengkapan laboratorium Anda secara tepat dan cepat.

 

 

References

Mickaël Bourge1, Spencer C. Brown, Sonja Siljak-Yakovlev (2018). Flow cytometry as tool in plant sciences, with emphasis on genome size and ploidy level assessment. Genetics & Applications Vol.2.

Paul Robinson, Bartek Rajwa, Gerald Gregori, James Jones and Valery Patsekin. (2012). Multispectral cytometry of single bio-particles using a 32-channel detector. Cytometry Part A. 81A: 35-44.

thermofisher.com

Our Location

HEAD QUARTERS - JAKARTA

  • Kebon Jeruk Business Park Blok F2-5, Jl. Raya Meruya Ilir No.88, Meruya Utara, Jakarta Barat - 11620

CIKARANG OFFICE

  • CBD Jababeka Blok A-8 Jl. Niaga Raya Kav. AA3, Jababeka II Pasar Sari

SURABAYA OFFICE

  • Japfa Indoland Center, Japfa Tower II Lt. 8/810 Jl. Panglima Sudirman No. 66-68, Surabaya 60271

MEDAN OFFICE

  • Regus Forum Nine, 9th Floor Jl. Imam Bonjol No 9, Medan 20112

Get In Touch with Us

  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.