thumbnail post event
EVENTS
November 15, 2018 - Posted by

GeneCraft Labs bersama dengan QIAGEN di Indonesia bekerjasama dengan Universitas Airlangga menyelenggarakan Workshop Identifikasi Halal dengan Metode Real Time PCR. Workshop yang berlangsung pada tanggal 25 September 2018 di Laboratorium Biosafety Level II Infectious Tropical Disease Universitas Airlangga ini berlaku untuk umum dan bersifat mengedukasi laboratorium yang ada di Jawa Timur tentang bagaimana melakukan pengujian halal dengan menggunakan Real Time PCR. Selain peserta internal dari Universitas Airlangga, kegiatan ini juga di ikuti oleh peserta eksternal yang ada disekitar Jawa Timur seperti Dinas Pertanian, Balai Besar Karantina Pertanian, UPN Veteran Jawa Timur dan juga UIN Maliki Malang.

Analisa pengujian laboratorium untuk mendeteksi ada tidaknya kontaminan babi ini merupakan salah satu penunjang proses untuk sertifikasi halal. Uji halal di Indonesia sangat diperlukan mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Pengujian halal dengan PCR merupakan metode yang sangat sensitive dan akurat karena mampu mendeteksi unsur terkecil dalam organisme yaitu DNA sehingga kecil kemungkinan terjadi kesalahan. Metode real time PCR tidak hanya mampu mendeteksi kontaminan babi terhadap produk utama  tetapi juga kontaminan babi pada produk turunannya seperti gelatin, kapsul, kosmetik dll.

Metode real time PCR yang di kerjakan ini menggunakan peralatan yang dimiliki oleh PT. GeneCraft Labs dengan mesin Rotorgene-Q dari QIAGEN. Alat real time PCR ini mempunyai kemampuan kecepatan yang sangat tinggi yakni hanya memerlukan waktu 70 menit. Dengan menggunakan Rotorgene-Q keseragaman yang di dapatkan ketika melakukan pengujian juga sangat seragam, dengan tingkat keseragaman mencapai 0.01 derajat celcius. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari false positive dari sample yang dikerjakan.

Drh. Lita Rakhma, M.Vet selaku perwakilan dari Halal Centre Unair dalam sambutannya mengungkapkan, “Semoga workshop ini bisa menjadi sarana untuk mendapatkan kemampuan dan bermanfaat bagi perkembangan penelitian di bidang halal.”

GeneCraft Labs adalah authorised distributor QIAGEN di Indonesia sejak 2006 menyediakan berbagai solusi untuk kebutuhan laboratorium baik laboratorium Bioteknologi, Laboratorium Genetik, Laboratorium Molekular Biologi, Laboratorium Halal, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Kimia Analitik dan lain sebagainya.

QIAGEN adalah perusahaan yang menyediakan solusi terhadap sample dan assay technology utk molecular diagnostik, applied testing, akademik dan pharmaceutical research. QIAGEN adalah perusahaan publik yang listed di New York Stock Exchange dan juga Frankfurt Stock Exchange. Head office mereka terletak di Hilden, Germany dan beroperasi di 35 office di 25 negara di seluruh dunia.

Our Location

HEAD QUARTERS - JAKARTA

  • Kebon Jeruk Business Park Blok F2-5, Jl. Raya Meruya Ilir No.88, Meruya Utara, Jakarta Barat - 11620

CIKARANG OFFICE

  • CBD Jababeka Blok A-8 Jl. Niaga Raya Kav. AA3, Jababeka II Pasar Sari

SURABAYA OFFICE

  • Japfa Indoland Center, Japfa Tower II Lt. 8/810 Jl. Panglima Sudirman No. 66-68, Surabaya 60271

MEDAN OFFICE

  • Regus Forum Nine, 9th Floor Jl. Imam Bonjol No 9, Medan 20112

Get In Touch with Us

  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.